P.21. ISOLASI RESISTANCE GENE ANALOGUE ASAL PISANG

Agus Sutanto1,2, Sudarsono1, Dewi Sukma1

1PMB Lab. Departemen Agronomi dan Hortilultura, Faperta, IPB, Jl. Meranti-Kampus Darmaga Bogor 16680, Indonesia (s_sudarsono@ymail.com). 2Balai Penelitian Tanaman Buah, Solok (bagusutanto_02@yahoo.com)

Abstrak

Pisang merupakan tanaman buah yang sangat penting baik di Indonesia maupun di dunia. Di Indonesia pisang menyumbang 31,1% dari total produksi buah nasional. Namun demikian pisang menghadapi kendala yaitu tingginya komplek hama dan penyakit tanaman. Salah satu penyakit pisang yang sangat sulit untuk dikendalikan adalah penyakit layu yang disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum f.sp. cubence (Foc). Penggunaan kultivar pisang tahan terhadap Foc adalah cara yang efektif dan aman, tetapi perbaikan kultivar pisang masih sulit dilakukan secara konvensional, karena membutuhkan waktu lama dan masalah sterilitas bunga pisang. Rekayasa genetika merupakan teknologi alternatif yang bisa ditempuh karena hanya gen yang diperlukan saja yang dimasukkan ke dalam sel tanaman. Akan tetapi gen-gen yang bertanggung-jawab pada ketahanan terhadap patogen khususnya layu Foc masih perlu diisolasi, dikarakterisasi dan dievaluasi. Secara umum gen ketahanan (R-gene) mengandung conserve domain yaitu NBS-LRR dan STK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisolasi RGA pada tiga aksesi pisang tahan Foc, yaitu Rejang, Calcuta-4 dan Klutuk, menggunakan beberapa pasang degenerate primer. Dari kombinasi pasangan degenerate primer yang dipakai untuk mengisolasi RGA, diperoleh pasangan primer F9-F6 dapat mengamplifikasi produk PCR sebesar lebih kurang 500 bp dengan pita DNA tampak jelas dan tebal pada semua aksesi pisang yang diuji. Untuk selanjutnya produk PCR tersebut akan disequencing untuk mengetahui informasi komposisi urutan basa.

Kata kunci : Pisang, PCR, Resistance Gene Analogue

Poster presentasi – Agus Sutanto dkk.

Advertisements

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Mini Poster and tagged , , , , . Bookmark the permalink.